Ide tulisan ini muncul ketika penulis mengalami sedikit masalah di saat membeli tiket penerbangan pada sebuah agen travel dan penulis menghubungi pihak travel tersebut melalui fitur chatting yang tersedia pada web mereka. Setelah masalah tersebut selesai penulis malah kefikiran bagaimana jika fitur chatting tersebut juga di terapkan di SLiMS Matoa, Meranti, Cendana dan Akasia ( Senayan Library Management System) untuk lebih melayani Pemustaka. Alasannya sangat sederhana dimana penulis memposisikan diri penulis sebagai Pemustaka. Pada satu waktu penulis merasa ragu atas keterangan yang dituliskan pada website perpustakaan tempat penulis belajar namun pilihan untuk mendapatkan informasi tidak tersedia banyak pilihan kecuali harus datang ke perpustakaan. Sebenarnya di SLiMS sendiri fitur chatting antara Pustakawan dan Pemustaka sudah tersedia namun pada versi SLiMS yang terbaru yaitu SLiMS ( Senayan Library Management System) Akasia akan tetapi sampai saat ini SLiMS ( Senayan Library Management System) Akasia masih dalam tahap pengembangan. Berawal dari iseng-iseng tersebut akhirnya penulis mencoba menambahkan fitur chatting ke SLiMS ( Senayan Library Management System) . Fitur chatting yang penulis tambahkan ke SLiMS disini sifatnya adalah tempelan dimana databasenya tidak terintegrasi kedalam SLiMS ( Senayan Library Management System) seperti pada SLiMS ( Senayan Library Management System) Akasia. Layanan chatting yang penulis gunakan adalah layanan dari zopim.com. Berikut langkah-langkah yang penulis lakukan.
1. Mendaftar di zopim untuk mendapatkan akun percobaan selama 14 hari
2. Kemudian cek email untuk melakukan konfirmasi akun
3. Setelah melakukan konfirmasi maka akan ada beberapa isian yaitu password, nama perusahaan dan lain-lain, setelah itu kita bisa menuju ke Dashboard
4. Pada halaman Dashboard akan muncul pop up selamat datang dan silahkan di klik next
5. Pada tahap berikutnya adalah tahap melengkapi profile, silahkan di isi sesuai kebutuhan dan klik Next
6. Setelah profile lengkap maka akan muncul code embed widget, code tersebut nantilah yang akan di tempelakan pada SLiMS ( Senayan Library Management System). Silahkan di copy dulu code tersebut.
7. Langkah berikutnya adalah menempelkan kode widget tersebut ke halaman index template SLiMS. Silahkan buka file index_template.inc.php template yang digunakan oleh SLiMS ( Senayan Library Management System) dan sisipkan kode embed pada bagian footer tepatnya di bawah grid_5, kurang lebih seperti berikut
8. Buka SLiMS yang dipasangi kode tersebut, dan jika tidak ada masalah maka fitur chatting sudah akan muncul di SLiMS ( Senayan Library Management System).
9. Dan berikuthasil uji coba chatting penulis dengan diri penulis sendiri
Segitu saja dan semoga bermanfaat.
Catatan:
- Zopim adalah layanan berbayar, sebenarnya ada banyak aplikasi sejenis namun belum sempat penulis coba.
- Cara ini menulis hemat penulis bisa diterapkan pada semua versi SLiMS
- SLiMS yang bisa dipasangi fitur tersebut adalah SLiMS yang berada di internet